Selamat Datang di website Haji Lampu Iman Indonesia
Und Bimlat-6 Yth JTA Lampu Iman Indonesia, Und bimlat-6: Kesehatan Jasmani : Ahad 09/03/14 at Mesjid Lampu Iman (Shalat Shubuh berjama'ah, kuliah shubuh dilanjutkan). Pelatihan Jalan Kaki. Smg Sehat, Kuat dan mambrur. AAMIEN !!

Makkah Live



Cek Keberangkatan Haji


  Data diambil dari : http://haji.kemenag.go.id/
Format Tanggal : dd-mm-yyyy
Contoh : 20-12-1958.



Berita


SRI Penggiat Haji

Bogor-Sebanyak 280 orang pegawai Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah berkumpul bersama berkomitmen untuk sinergi,responsif, dan integritas (SRI). Kegiatan ini dilangsungkan selama 2 hari, mulai tanggal 27 sd 28 Desember di The Highland Park Resort Bogor.

Kegiatan yang mengusung tema "Bersama Kita Bisa" ini, merupakan refleksi dalam penyelenggaraan ibadah haji ke depan. Pembekalan pembangunan karakterpun tak luput untuk dilakukan. Hanya untuk memupuk rasa cinta, sayang antara sesama penggiat haji. Karena tanpa bermodalkan itu semua, penggiat haji bagaikan mesin-mesin produksi pelayanan. Pelayan yang kering, tandus dan tak berekspresi.

Semakin menantangnya arus untuk melakukan yang terbaik bagi jemaah haji, adalah hal tersendiri dan harus disikapi secara bijak serta santun. Sukses haji kemarin tidak menjadikan para penggiat haji ini cepat puas, namun menjadi monumental untuk menjadi lebih baik dalam penyelenggaraan ke depan.

Apalagi kalau bukan mematangkan rasa cinta, dan mempertebal sayang dalam memberikan pelayanan nantinya. jika kita berkaca pada penyelenggaraan haji kemarin, mayoritas jemaah haji adalah jemaah yang sudah berusia lanjut dan potensi resiko kesehatan yang tinggi.

Menurut Syarif Rahman selaku salah seorang panitia penyelenggara bahwa dengan mengasah kedua sikap itu, penggiat haji akan siap dan matang untuk melakukan hal yang terbaik dalam melayani tamu allah ini. Ditambahkannya lagi bahwa SRI yang cantik dan indah akan menuai kesenangan dan ketenangan dalam melakukan pelayanan total nantinya. (Affan Rangkuti)


Pengurangan 20% kuota haji 2013

Jakarta (Sinhat), Kementerian Agama belum lama ini menerima surat dari Kementerian Haji Kerajaan Arab Saudi. Isi surat itu menyampaikan, kuota haji untuk Indonesia, dipotong 20 persen. “Benar surat itu sudah kami terima 6 Juni lalu. Isinya tentang pemotongan 20 % kuota haji untuk seluruh negara anggota OKI (Organisasi Konferensi Islam), termasuk Indonesia. Dalam surat itu disampaikan, keluarnya kebijakan itu, akibat lambatnya penyelesaian rehabilitasi Masjidil Haram. Sehingga, demi terjaminnya keselamatan jamaah haji, pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengurangi kuota haji,” tukas Menteri Agama Surya Dharma Ali, kepada watawan di lantai dua Gedung Utama Kementerian Agama, Rabu sore (12/06).

Keterlambatan rehabilitasi Masjidil Haram, lanjut dia, berakibat pada berkurangnya kapasitas daya tampung tempat tawaf, yang semula dapat menampung 48.000 jamaah dalam satu jam. Menjadi 22.000 jamaah dalam satu jam. “Artinya terpotong setengah,” tuturnya. Tapi, kata dia, bila ini dipaksakan, dikhawatirkan bisa berakibat fatal, bagi keselamatan calon jamaah haji (Calhaj). Sehingga, pemerintah Arab Saudi mengambil kebijakan itu, demi keselamatan jamaah. Insya Allah kebijakan ini, cukup hanya tahun ini,”tutur Suryadharma lagi. Dengan kebijakan itu, sambung dia, dipastikan 42.200 Calhaj batal berangkat.

“Dengan begitu, terjadi penurunan jamaah haji Indonesia. Dari tahun lalu 211.000 jamaah menjadi 168.800 jamaah. Dengan demikian, dari angka itu jamaah haji khusus yang terpotong 3400 orang. Dan, jamah haji reguler 38.800 orang,” imbuh Suryadharma. Meski demikian, ucap dia, pemerintah tidak tinggal diam. “Upaya lobi sedang dilakukan. Khususnya dengan Menteri Haji Arab Saudi. Mudah-mudahan ada dispensasi implementasi atas kebijakan tersebut,” ujarnya lagi. Sementara, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, Anggito Abimanyu memastikan calon jamaah haji yang terkena kebijakan itu, akan berangkat di tahun depan.

“Kami pastikan, musim haji 2014, yang terkena pengurangan kuota ini berangkat. Dan, apabila ada kenaikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), alias bila terjadi selisih lebih, dari tahun ini, mereka tidak akan dikenakan biaya tambahan,” pungkasnya lagi. Ia kembali menjelaskan, yang paling krusial terkena pemotongan adalah jamaah haji usia muda. “Sedangkan jamaah usia lanjut di atas 83 tahun tetap diutamakan. Alias diprioritaskan,” jelasnya. (reporter:Mario/redaktur:rm)


Pelunasan BPIH 2013 Mulai 22 Mei – 12 Juni

Jakarta (Sinhat)--Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 31 Tahun 2013 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 1434H/2013M. Sedangkan waktu pelunasan BPIH atau ongkos naik haji bagi jamaah yang telah memperoleh porsi berangkat haji tahun ini ditetapkan mulai 22 Mei sampai dengan 12 Juni 2013.

Pengumuman tersebut disampaikan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Anggito Abimanyu diwakili Sekretaris Ditjen PHU Cepi Supriatna dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (21/5), didampingi Kepala Pinmas Kemenag Zubaidi, Direktur Pembinaan Haji Ahmad Kartono, Pgs Direktur Pengelolaan Dana Haji Khasan Faozi, dan Kasubdit Pendaftaran Haji Amin Akkas.

“Jamaah yang telah mendapat porsi dan masuk dalam alokasi keberangkatan tahun ini, namun tidak melunasi sampai 12 Juni, maka secara otomatis menjadi waiting list tahunberikutnya dan kesempatan kuotanya menjadi kuota haji nasional,” kata Cepi.

Dijelaskan, pembayaran pelunasan BPIH dilakukan di Bank-Bank Penerima Setoran (BPS) dengan waktu penyetoran pukul 10.00 sampai 16.00 WIB, untuk wilayah Indonesia Bagian Barat. Untuk Bagian Tengah dimulai dari pukul 11.00 sampai 17.00 WITA, dan di wilayah Bagian Timur mulai pukul 12.00 sampai 18.00 WIT.

Bagi calon jemaah haji yang sudah melunasi BPIH 2013, maka dalam waktu selambat-lambatnya 3 hari setelah penyetoran dengan membawa bukti setor lunas BPIH wajib segera mendaftar ulang ke Kantor Kemenag Kabupaten-Kota.

Sekiranya terdapat sisa kuota haji yang berasal dari setiap provinsi setelah berakhirnya masa pelunasan, maka akan dilanjutkan pelunasan tahap sisa kuota nasional yaitu 18 sampai dengan 26 Juni 2013. “Sisa kuota haji nasional diperuntukan bagi jamaah usia lanjut diatas 83 tahun yang telah terdaftar,” kata Cepi.

Adapun besaran BPIH 2013 adalah, embarkasi Aceh 3.253 dollar AS, embarkasi Medan 3.263 dollar AS, embarkasi Batam 3.357 dollar AS, embarkasi Padang 3.329 dollar AS, embarkasi Palembang 3.381 dollar AS, embarkasi Jakarta 3.522 dollar AS, embarkasi Solo 3.542 dollar AS, embarkasi Surabaya 3.619 dollar AS, embarkasi Banjarmasin 3.733 dollar AS , embarkasi Balikpapan 3.744 dollar AS , embarkasi Makassar 3.807 dollar AS, dan embarkasi Lombok 3.782 dollar AS. (ks)


  HajiLampuImanIndonesia

Galeri Haji & Umrah Lampu Iman